Jumat, 13 Agustus 2010

Romo Kunjungi Warga Sepuh

Hari Selasa 13 Juli, Pastor Paroki Romo Yustinus Dwi Karyanto, Pr. melakukan kunjungan pastoral kepada dua orang warga sepuh Lingkungan Malaekat Agung (MA) Gabriel, yaitu: Ibu E.S. Haryati Soepeket, dan Bapak B. Manusmara. Romo berkeliling boncengan sepeda motor dengan koster gereja Mas Juki.

Kunjungan pastoral kepada orang sakit dan warga sepuh dilakukan romo sekali sebulan. Kunjungan ke Lingkungan M.A. Gabriel dijadwalkan setiap Selasa kedua. Dalam kunjungan pastoral itu romo memberikan hiburan dalam bentuk percakapan ringan, memberi kekuatan, melakukan doa bersama, dan memberikan berkat. Komuni diberikan hanya kepada warga yang tidak bisa menghadiri misa di gereja.

Dalam kunjungan pastoral yang lalu, sebenarnya Ibu M.M. Sestoeningtyas Rumiadno atau Bu Rumiadno masuk dalam daftar Ketua Lingkungan untuk dikunjungi romo. Tetapi, itu urung dilakukan karena Bu Rumiadno kebetulan pada saat yang sama ada kesibukan di tempat lain. "Aduh, saya sebenarnya senang sekali dikunjungi romo. Mungkin pada kesempatan lain ya!," ujar Ibu itu memalui telepon kepada Ketua Lingkungan.

Bagi Pak Manus ini kunjungan romo yang pertama. Sedang bagi Bu Peket ini kunjungan kedua, setelah yang pertama pada Selasa 8 Juni. saat itu Bapak dan Bu Imam Susatyo juga mendapat kunjungan, dan menerima komuni kudus dari romo. Pada kunjungan kedua romo, Pak Imam sudah pergi ke Yogyakarta menemani Bu Imam yang harus dikemo secara rutin di sebuah rumah sakit di sana.

Ibu Cypriana Suyati, warga Lingkungan kita yang paling tua dan sudah uzur, belum sempat mendapat sentuhan dalam dua kali kunjungan pastoral dari romo paroki. Sejak beberapa waktu lalu Bu Yati diajak tinggal di Tangerang oleh salah seorang anaknya.

Saat tulisan ini dibuat, Eyang Yati sudah kembali berada di depok. Karena itu oleh Ketua Lingkungan, beliau dimasukkan dalam daftar kunjungan romo paroki pada hari Selasa 10 Agustus yang dirangkai kunjungan ke sejumlah warga kita yang lain.

Umat dimohon menyampaikan informasi kalau ada warga sedang sakit atau warga sepuh yang perlu mendapat kunjungan pastoral dari pastor paroki. Informasi dapat disampaikan langsung kepada Ketua atau Sekretaris Lingkungan M.A. Gabriel. (wg)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP