Sabtu, 25 Februari 2012

Sejarah Singkat Gereja Santa Maria Assumpta Babarsari

Februari 1991 Dewan Stasi Santo Florentinus Babarsari mengeluarkan SK No. 04/FBRS/X/90 serta memberi mandat kepada Panitia Pembangunan Gereja. Pada tanggal 15 Agustus 1994 dimulai peletakan batu pertama oleh Bapak drs, Arifin Ilyas, Bupati Kepala Daerah Tk. II Sleman disaksikan oleh Vikjen Keuskupan Agung Semarang mewakili Uskup Keuskupan Agung Semarang. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari berdirinya Gereja Maria Assumpta, Stasi Florentinus Babarsari, Paroki Kristus Raja Baciro, Yogyakarta.

Rupanya, umat percaya bahwa Allah yang telah memulai karyaNya akan menuntun dan menyelesaikannya. Paling tidak dalam perjalanan Gereja setempat, nampak dan terasa kerjasama Allah dan GerejaNya. Semangat kerjasama, saling membantu, dan melalui perjuangan dan pengorbanan akhirnya pada tanggal 16 Februari 2003 Gereja Maria Assumpta diresmikan dan dipakai umat Babarsari sarnpai sekarang.

Gereja tersebut dibangun lengkap dengan pastoran dan ruangan untuk aktivitas umat termasuk mahasiswa Katolik yang berdomisili di sekitarnya. Seiring dengan perkembangan wilayah dan tumbuhnya kampus-kampus perguruan tinggi dengan mahasiswanya yang datang dan berbagai daerah di Indonesia, Gereja Maria Assumpta Babarsari dengan reksa pastoralnya menjadi penyanggga kegiatan umat dan mahasiswa dan mempertajam visi latihan dan pengembangan dalam pembentukan karakter kader-kader Katolik, kaum muda, mahasiswa di masa depan. Dengan dernikian fungsi gereja menjadi nyata menjamin kebutuhan umat dimana tidak menutup diri terhadap masyarakat luas.

Gereja Maria Assumpta sangat menaruh perhatian khususnya kepedulian terhadap generasi muda dan mahasiswa terkait dengan iman dan kehidupan moralnya yang perlu mendapatkan pendampingan terus menerus agar menjadi kader-kader Katolik yang bertanggung jawab di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang.

Maka gereja sebagai pusat pelayanan dalam lingkungannya tentu memerlukan fasilitas pendukung gereja. Demi terlaksananya kegiatan tersebut, Panitia Perluasan atas persetujuan dan ijin Mgr. Ign. Suharyo Uskup Agung Semarang, pada tgl 15 Desember 2008 telah melaksanakan pembelian tanah seluas 2082 m2 yang letaknya bersebelahan dengan lahan Gereja Maria Assumpta sebelah Tirnur, dengan harga Rp. 1.250.000/m2.

Melalui surat nomor 01/DP/Status Grj/IX/2009, tanggal 08 September 2009, Dewan Paroki Kristus Raja Baciro, Yogyakarta mengajukan permohonan kepada Mgr. Ignatius Suharyo untuk berkenan meningkatkan status Stasi Santa Maria Assumpta Babarsari untuk menjadi sebuah Paroki yang mandiri. Menjelang kepindahan beliau ke Keuskupan Agung Jakarta, dengan surat keputusan nomor 0981/B/I/b-6a/09, tanggal 12 September 2009, Mgr. Ignatius Suharyo menjawab permohonan Dewan Paroki Kristus Raja Baciro Yogyakarta, Stasi Santa Maria Assumpta Babarsari menjadi PAROKI MANDIRI, per tanggal 20 September 2009.

Gereja Katolik St Maria Assumpta Babarsari, terletak di Jl Inspeksi Selokan Mataram, Babarsari, Sleman, Yogyakarta. +/- 10 tahun yang lalu Gereja ini berada ditengah tengah sawah yang luas, namun saat ini berada di tengah pusat bisnis dan pendidikan di Yogyakarta. Betapa cepat perkembangan Kota Yogyakarta.

Bangunan gereja tampak seperti rumah joglo modern. Di sisi gereja, berdiri tower lonceng tinggi dengan patung Bunda Maria di bawahnya. Di pintu depan, tampak patung Bunda Maria dengan mahkota bintang. Mungkin menunjukkan salah satu peristiwa mulia, Maria diangkat ke surga (assumpta / assumption).

Pastor Gregorius Kriswanta, Pr menjadi Pastor Kepala Paroki pertama di Gereja Santa Maria Assmpta Babarsari. Paroki baru ini mempunyai umat 1100 jiwa (akhir 2008) yang tersebar di 8 lingkungan: Babarsari, Puluhdadi, Seturan, Mundusaren, Kledokan, Tambakbayan, Janti dan Bantulan; yang berbatasan dengan:
di sebelah Utara : Paroki Santo Petrus dan Paulus Minomartani
di sebelah Selatan : Paroki Santo Mikael Pangkalan Angkatan Udara RI
di sebelah Barat : Paroki Santo Yohanes Rasul Pringwulung
di sebelah Timur : Gereja Maguwoharjo Paroki Marganingsih Kalasan

Sumber :
http://www.yacob-ivan.com/2011/06/st-mary-assumpta-church.html
http://baitallah.wordpress.com/2010/10/12/gereja-katolik-st-maria-assumpta-babarsari/
http://ourunity.blogspot.com/2009/07/perluasan-gereja-maria-assumpta.html
http://historiadomus.multiply.com/journal/item/103/089_SEJARAH_GEREJA_SANTA_MARIA_ASSUMPTA_BABARSARI

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP