Senin, 28 November 2011

Para Bapa Gereja dan Para Doktor Gereja

Para Bapa Gereja adalah para teolog-teolog dan penulis dari delapan abad pertama yang memiliki kesucian dan pemahaman iman yang sangat menonjol. Mereka merupakan saksi-saksi utama atas kepercayaan dan ajaran-ajaran Gereja Katolik. Mereka secara satu suara dalam menerima doktrin-doktrin sebagai inspirasi Ilahi sehingga hal ini dianggap sebagai bukti bahwa doktrin-doktrin tersebut diterima secara universal oleh Gereja Katolik, sejalan dengan Tradisi Apostolik (Rasuli) dan Kitab Suci. Mereka juga satu suara dalam menolak doktrin-doktrin yang dianggap sebagai menyeleweng (heretik). Meski demikian, tidak berarti tulisan-tulisan mereka sendiri bebas dari kesalahan dari segala aspek.

Yang terbesar diantara para Bapa Gereja ini adalah Santo Ambrosius, Santo Agustinus, Santo Jeremia, dan Paus Santo Gregorius Agung dari wilayah Barat; Santo Yohanes Crisostomus, Santo Basilus Agung, Santo Gregorius dari Nazianzen dan Santo Athanasius, semuanya dari wilayah Timur.

Para Doktor Gereja adalah penulis-penulis Gereja yang memiliki pemahaman iman dan kesucian yang sangat menonjol. Mereka diberikan gelar doktor karena manfaat-manfaat besar yang didapat oleh Gereja dari hasil karya mereka. Meskipun demikian, tulisan-tulisan mereka juga tidak berarti bebas dari kesalahan dari segala aspeknya.

Santo Albertus Agung (1200-1280)

Lahir di Swabia, Jerman. Anggota tarekat Dominican. Uskup Regensburg dari tahun 1260-1262. Menulis secara panjang-lebar tentang logika, ilmu-ilmu alam, etika, metafisik, Kitab Suci, teologi sistematis, turut menyumbang perkembangan Skolastisisme. Beliau juga merupakan guru dari Santo Thomas Aquinas. Dikanonisasi dan diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1931. Diangkat sebagai santo pelindung para ilmuwan pada tahun 1941. Diberi gelar Doktor Universalis, Doktor Expertus. Pesta perayaannya tanggal 15 November.

Santo Alfonsus Ligouri (1696-1787)

Dilahirkan di dekat Naples, Italia. Menjabat sebagai Uskup atas 'Santa Agatha dari orang-orang Goth' dari tahun 1762-1775. Beliau merupakan pendiri tarekat Redemtoris. Selain karya utamanya, Theologiae Moralis, beliau juga menulis mengenai doa, kehidupan spiritual dan topik-topik yang menyangkut doktrin, sebagai tanggapan atas kontroversi. Beliau dikanonisasi pada tahun 1839 dan diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1871. Diangkat sebagai santo pelindung para konfesor (imam yang memberikan sakramen tobat) dan kaum moralis, pada tahun 1950. Pesta perayaan tanggal 1 Agustus.

Santo Ambrosius (340-397)

Dilahirkan di Trier, Jerman. Menjabat Uskup Milan dari tahun 374-397. Beliau merupakan salah satu penentang pembangkangan Arianisme di wilayah Barat. Homili-homilinya dan tulisan-tulisan lainnya, menyangkut iman, Roh Kudus, Inkarnasi, sakramen-sakramen dan topik-topik lainnya, bersifat pastoral dan praktis. Beliau membawa pengaruh bagi perkembangan suatu liturgi di Milan yang diberi nama sesuai namanya: Ambrosius. Beliau adalah Bapa dan sekaligus Doktor Gereja. Pesta perayaan tanggal 7 Desember.

Santo Anselmus (1033-1109)

Lahir di Aosta, Piedmont, Italia. Anggota tarekat Benediktin. Menjabat sebagai Uskup Agung Canterbury dari tahun 1093-1109. Selain karya utamanya, Cur Deus Homo, mengenai penebusan dan rekonsiliasi manusia dengan Tuhan melalui Kristus, beliau juga menulis tentang keberadaan dan atribut Tuhan dan membela penjelasan atas Filioque yaitu prosesi Roh Kudus dari Bapa dan Putera. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1720. Digelari sebagai Bapa Skolastisisme. Pesta perayaan tanggal 21 April

Santo Antonius dari Padua (1195-1231)

Lahir di Lisbon, Portugal. Merupakan teolog pertama dari tarekat Fransiskan. Beliau adalah seorang pewarta Injil. Dikanonisasi tahun 1232. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1946. Diangkat sebagai Doktor Evangelisasi. Pesta perayaan tanggal 13 Juni.

Santo Athanasius (297-373)

Lahir di Alexandria (Iskandariah, Mesir). Menjabat sebagai Uskup Alexandria tahun 328-373). Turut berpartisipasi dalam Konsili Nikea I sewaktu masih menjabat sebagai deakon. Beliau adalah penentang yang sangat dominan terhadap paham Arianisme. Dia menuliskan bantahan-bantahannya terhadap Arianisme dalam tulisan "Apologi terhadap kaum Arian", "Ceramah melawan Arianisme" maupun karya-karya lainnya. Salah satu Bapa dan sekaligus Doktor Gereja. Digelari Bapa Ortodoksi. Pesta perayaan 2 May.

Santo Agustinus (354-430)

Lahir di Tagaste, Afrika Utara. Menjabat sebagai Uskup Hippo tahun 395-430 setelah bertobat dari paham Manichaeisme. Karya-karyanya termasuk autobiografi dirinya dan Pengakuan mistiskal, Kota Tuhan, ajaran Trinitas, rahmat, pasal-pasal Alkitab dan doktrin-doktrin yang dipertanyakan dan disangkal oleh penganut Manichaeisme, Pelagianisme dan Donatisme. Beliau membawa pengaruh yang besar dan terus hingga kini terhadap teologi Kristiani dan filosofi. Beliau juga adalah Bapa dan sekaligus Doktor Gereja. Digelari sebagai Doktor Rahmat-karunia. Pesta perayaan 28 Agustus.

Santo Basilus Agung (329-379)

Lahir di Kaisarea, Kapadokia, Asia Kecil. Menjabat sebagai Uskup Kaisarea tahun 370-379. Beliau menulis tiga buku Contra Eunomium, yaitu untuk membantah penyelewengan Arianisme. Beliau juga menulis ajaran tentang Roh Kudus, banyak homili-homili dan banyak aturan-aturan bagi hidup membiara, yang mana ia membawa banyak pengaruh. Beliau adalah Bapa dan Doktor Gereja. Digelari sebagai Bapa Monastisisme (hidup membiara) di wilayah Timur. Pesta perayaan tanggal 2 Januari.

Santo Bede Yang Terhormat (673-735)

Lahir di Northumberland, Inggris. Anggota tarekat Benediktin. Selain karya utamanya, Sejarah Gerejawi negara Inggris (meliputi periode 597-731), beliau juga menulis komentar-komentar Alkitab. Beliau dianggap sebagai orang yang paling terpelajar di Eropa Barat pada jamannya. Digelari sebagai Bapa Sejarah Inggris. Pesta perayaan tanggal 25 Mei.

Santo Bernardus dari Clairvaux (1090-1153)

Lahir dekat Dijon, Perancis. Beliau adalah seorang abot, yaitu pemimpin biara dan seorang reformer monastis (hidup membiara). Disebut sebagai pendiri kedua dari tarekat Cistercian. Beliau juga adalah seorang teolog mistis dengan pengaruh yang besar terhadap kehidupan devosional. Merupakan penentang paham rasionalisme yang dibawa oleh Abelard dan yang lain-lainnya. Dikanonisasi tahun 1174. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1830. Digelari sebagai Doktor Manis Suara karena keluwesan berbicaranya. Pesta perayaan tanggal 20 Agustus.

Santo Bonaventura (1217-1274)

Lahir di Viterbo, Italia. Anggota tarekat Fransiskan. Menjabat sebagai Uskup Albano dari tahun 1273-1274 dan menjadi kardinal. Menulis Itinerarium Mentis in Deum, De Reductione Artium ad Theologiam, Breviloquium, komentari Alkitab, karya-karya mistis tambahan menyangkut kehidupan devosional dan kehidupan Santo Fransiskus dari Asisi. Dikanonisasi tahun 1482. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1588. Digelari sebagai Doktor Seraphic. Pesta perayaan 15 Juli.

Santa Catherine dari Siena (1347-1380)

Lahir di Siena, Italia. Anggota tersier tarekat Santo Dominikus. Beliau adalah seorang mistik Gereja. Beliau mengarang serentetan surat-surat yang panjang, yang terutama menyangkut instruksi spiritual dan dorongan semangat, kepada rekan-rekannya, dan Dialogue, sebuah perjanjian spiritual dalam empat ajaran. Dia berperan aktif dalam gerakat syuhada melawan orang-orang Turki dan usaha-usaha untuk mengakhiri pertentangan antara kekuatan pendukung Paus dan sekutu-sekutu Florentine. Beliau berpengaruh besar dalam mendorong Paus Gregorius XI dan rombongan Curia kembali ke Roma pada tahun 1377, untuk mengakhiri periode pemerintahan Paus dari Avignon, Perancis. Dikanonisasi tahun 1461. Diproklamasikan sebagai doktor wanita yang kedua pada tanggal 4 Oktober 1970. Pesta perayaan 29 April.

Santo Cyril dari Alexandria (376-444)

Lahir di Mesir. Menjabat sebagai Uskup Alexandria dari tahun 412-444. Beliau menulis ajaran-ajaran tentang Trinitas, Inkarnasi dan topik-topik lainnya, terutama dalam rangka menyangkal penyelewengan Nestorianisme. Dia memberikan sumbangan yang menentukan atas perkembangan Kristologi. Dia hadir pada saat Konsili Efesus tahun 431. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1882. Pesta perayaan 18 Maret.

Santo Cyril dari Yerusalem (315-386)

Menjabat sebagai Uskup Yerusalem sejak tahun 350. Beliau adalah penentang paham Arianisme yang sangat gigih. Karya utamanya, Katekesis, sebuah penjelasan pra-baptisme kredo Yerusalem. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1882. Pesta perayaan 18 Maret.

Santo Efraem (306-373)

Lahir di Nisibis, Mesopotamia. Membendung penyebaran paham Gnosik dan Arianisme lewat puisi-puisi dan himne-himne yang dikarangnya sendiri. Beliau juga menulis tentang Ekaristi dan Maria. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1920. Digelari sebagai Deakon dari Edessa dan si "Harpa Roh Kudus". Pesta perayaan 9 Juni.

Santo Fransiskus dari Sales (1567-1622)

Lahir di Savoy. Menjabat Uskup Jenewa tahun 1602-1622. Beliau adalah seorang penulis spiritual dengan pengaruh yang kuat terhadap kehidiupan devosional melalui ajarna-ajaran seperti Perkenalan terhadap Hidup Taat, dan Kasih Tuhan. Dikanonisasi tahun 1655. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1877. Diangkat sebagai santo pelindung para penulis Katolik dan penerbitan Katolik.

Santo Gregorius Nazianzen (330-390)

Lahir di Arianzus, Kapadokia, Asia Kecil. Menjabat sebagai Uskup Konstantinopel tahun 381-390). Beliau adalah penentang yang sangat gigih terhadap paham Arianisme. Selain lima ceramah teologis tentang Kredo Nikea dan Trinitas yang mana paling dikenal darinya, beliau juga menulis surat-surat dan puisi-puisi. Bapa dan Doktor Gereja. Digelari sebagai Demosthenes Kristen karena keluwesan berbicaranya dan bagi Gereja Timur, sebagai Sang Teolog. Pesta perayaan tanggal 2 Januari.

Paus Santo Gregorius Agung I (540-604)

Lahir di Roma. Menjabat sebagai Paus dari tahun 590-604. Beliau menulis banyak komentari kitab suci, suatu kompendium teologis dalam Buku Morals yang didasarkan atas kitab Ayub, Dialog menyangkut hidup para orang kudus, imortalitas roh, kematian, api penyucian, surga dan neraka, dan 14 buku surat-surat. Beliau menguatkan supremasi Sri Paus dan menetapkan posisi Paus vis-a-vis kaisar. Dia mengerjakan reformasi kaum imam dan kehidupan membiara dan penetapan selibat imam. Bapa dan Doktor Gereja. Pesta perayaan 3 September.

Santo Hillarius dari Poitiers (315-368)

Lahir di Poitiers, Perancis. Menjabat sebagai Uskup Poitiers tahun 353-368. Beliau menulis De Synodis, yang menyinggung paham Arianisme, dan De Trinitate, studi mendetail pertama menyangkut doktrin Trinitas dalam bahasa Latin. Beliau memperkenalkan teologi Timur ke Barat. Beliau turut menyumbang bagi perkembangan himnologi. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1851. Digelari sebagai "Athanasius dari Barat" karena pembelaannya yang gigih atas sifat ke-Allahan Yesus Kristus dalam menentang paham Arianisme. Dipestakan tanggal 13 Januari.

Santo Isidore dari Seville (560-636)

Lahir di Kartagena, Spanyol. Menjabat sebagai Uskup Seville tahun 600-636. Selain karya utamanya, Etymologiae, sebuah ensiklopedi pada jamannya, beliau juga menulis tentang topik-topik teologis dan sejarah. Dia dianggap sebagai orang yang paling terpelajar pada jamannya. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1722. Dipestakan tanggal 4 April

Santo Yeremia (343-420)

Lahir di Stridon, Dalmatia. Beliau menterjemahkan Kitab-kitab Perjanjian Lama dari bahasa Ibrani kedalam bahasa Latin dan merevisi translasi Latin Perjanjian Baru dan menghasilkan Alkitab versi Vulgate. Beliau juga menulis komentari Alkitab dan ajaran-ajaran dalam hal-hal yang kontroversial. Dianggap sebagai Bapa dan Doktor Gereja dari abad ke delapan. Digelari sebagai Bapa Ilmu Alkitab. Dipestakan tanggal 30 September.

Santo Yohanes Chrisostomus (347-407)

Lahir di Antiokia, Asia Kecil. Menjabat sebagai Uskup Agung Konstantinopel tahun 398-407. Beliau menulis homili-homili, komentari kitab suci dan surat-surat yang membawa pengaruh besar dan juga ajaran-ajaran klasik menyangkut keimaman. Diproklamasikan sebagai doktor pada Konsili Chalcedon pada tahun 451. Disebut sebagai yang terbesar dari para Bapa Yunani. Dinamakan santo pelindung para pewarta iman pada tahun 1909. Digelari sebagai "Si Mulut Emas" karena keluwesannya dalam berbicara. Dipestakan tanggal 13 September.

Santo Yohanes Damascene (675-749)

Lahir di Damaskus, Siria. Beliau adalah seorang biarawan-pertapa. Beliau menulis Sumber Kebijakan, sebuah karya tiga-bagian yang meliputi sejarah penyelewengan-penyelewengan gereja (heresy) dan eksposisi iman Kristiani, tiga Ceramah menentang kaum Ikonoklas, homili-homili tentang Maria, komentari Alkitab, dan ajaran-ajaran dengan topik moral. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1890. Disebut sebagai "Si Pembicara Emas" karena keluwesannya dalam berbicara. Dipestakan tanggal 4 Desember.

Santo Yohanes dari Salib (1542-1591)

Lahir di Kastile Tua, Spanyol. Anggota tarekat Karmelit. Beliau adalah pendiri tarekat Karmelit baru. Beliau adalah salah satu teolog mistis yang terbesar. Dia menulis Mendaki Gunung Karmel, Jiwa yang Kelam Malam, Santikel Spiritual, Nyala Hidup dari Kasih. Dikanonisasi tahun 1726. Diproklamasikan sebagai doktor 1926. Digelari sebagai Doktor Teologi Mistis. Dipestakan tanggal 14 Desember.

Santo Lawrence dari Brindisi (1559-1591)

Lahir di Brindisi, Italia. Anggota tarekat Fransiskan (Kapucin). Beliau adalah pewarta yang gigih yang berpengaruh besar pada masa setelah reformasi. 15 tome koleksi karya-karyanya meliputi komentari kitab suci, khotbah, homili dan tulisan-tulisan tentang doktrin. Dikanonisasi tahun 1881. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1959. Dipestakan tanggal 21 Juli.

Paus Santo Leo Agung I (400-461)

Lahir di Tuscany, Italia. Menjabat sebagai Paus dari tahun 440-461. Beliau menulis Tome oleh Leo, untuk menjelaskan doktrin menyangkut dua sifat dan satu Pribadi Yesus, menentang Nestorianisme dan Monophisit. Karya-karya lain meliputi khotbah-khotbah, surat-surat dan tulisan-tulisan melawan kesalahan Manichaeisme dan Pelagianisme. Dia juga memegang peran penting dalam membujuk Atilla untuk tidak menyerang Roma di tahun 452. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1574. Dipestakan tanggal 10 November.

Santo Petrus Kanisius (1521-1597)

Lahir di Nijmegen, Belanda. Anggota tarekat Jesuit. Beliau menulis eksposisi populer tentang iman Katolik dalam beberapa katekism yang banyak tersebar luas dalam 20 edisi selama masa hidupnya saja. Dia adlaah salah satu figur yang menonjol dalam masa kontra-reformasi, terutama di sebelah Selatan dan Barat Jerman. Dikanonisasi dan diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1925. Dipestakan tanggal 21 Desember.

Santo Petrus Chrisologus (400-450)

Lahir di Imola, Italia. Beliau menjabat sebagai Uskup Agung Ravenna dari tahun 433-450. Khotbah-khotbahnya dan tulisan-tulisannya, banyak diantara ditulis untuk menentang Monophisitisme, bersifat pastoral dan praktis. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1729. Dipestakan tanggal 30 Juli.

Santo Petrus Damianus (1007-1072)

Lahir di Ravenna, Italia. Anggota tarekat Benediktin. Menjabat sebagai Kardinal. Tulisan-tulisan dan khotbah-khotbahnya banyak diantaranya menyangkut reformasi gereja dan imam, bersifat pastoral dan praktis. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1828. Dipestakan tanggal 21 Februari.

Santo Robertus Bellarminus (1542-1621)

Lahir di Tuscany, Italia. Anggota tarekat Serikat Yesus. Menjabat Uskup Agung Capua dari tahun 1602-1605. Menulis Kontroversi, sebuah eksposisi tiga-volume atas doktrin yang diserang selama dan sesudah reformasi. Juga menulis dua katekisme dan karya spiritual, Seni Meninggal secara Baik. Beliau adalah otoritas dalam bidang eklesiologi dan hubungan Gereja-negara. Dikanonisasi tahun 1930. Diproklamasikan sebagai doktor tahun 1931. Dipestakan tanggal 17 September.

Santa Teresa dari Avila (1515-1582)

Lahir di Avila, Spanyol. Beliau memasuki tarekat Karmelit tahun 1535. Pada awal tahun 1560-an, memulai reformasi yang primitif dalam tarekat Karmelit, yang sangat berpengaruh besar pada kaum religius pria maupun wanita, terutama di Spanyol. Beliau menulis secara panjang-lebar tentang topik-topik spiritual maupun mistis. Karya-karya utama termasuk Autobiografinya, Jalan Kesempurnaan, Kastil Interior, Meditasi Kantikel, Dasar-dasar, Kunjungan Biarawati. Dikanonisasi tahun 1622. Diproklamasikan sebagai doktor wanita yang pertama pada tanggal 27 September 1970. Dipestakan tanggal 15 Oktober.

Santa Terese dari Lisieux (1873-1897)

Lahir di Alencon, Normandy, Perancis. Memasuki tarekat Karmelit di Lisieux pada tahun 1888, dan hidup hanya selama 9 tahun lagi saja, meninggal pada tanggal 30 September 1897 karena penyakit TBC. Percaya sepenuhnya kepada Tuhan, dalam lintasan yang digambarkannya sebagai "cara-cara yang kecil", dia menjalani hidup yang tampaknya biasa-biasa saja bagi seorang biarawati, tetapi kemajuan spiritualnya sedemikian rupa sehingga para atasan-atasannya menyuruhnya untuk menulis suatu autobiografi pada tahun 1895 (Kisah Satu Jiwa). Salah satu orang kudus yang paling populer dan paling dihormati sepanjang abad ke-20, dia dikanonisasi pada tanggal 17 Mei 1925. Paus Yohanes Paulus II memproklamasikan dirinya sebagai doktor wanita yang ketiga pada tanggal 20 Oktober 1997 dalam suratnya Divini Amoris Scientia. Dipestakan tanggal 20 Oktober.

Santo Thomas Aquinas (1225-1274)

Lahir di dekat Naples, Italia. Anggota tarekat Dominikan. Beliau adalah seorang pengajar dan penulis dari praktisnya segenap macam filosofi dan teologi. Karya-karya utamanya yaitu Summa Contra Gentiles, suatu manual dan pembelaan sistematis atas doktrin-doktrin Kristen, dan Summa Theologiae, sebuah eksposisi yang baru (pada jaman itu) atas prinsip-prinsip teologis dan filosofis. Dikanonisasi pada tahun 1323. Diproklamasikan sebagai doktor pada tahun 1567. Digelari sebagai Doktor Communis, Doctor Angelicus, dan "Si Sintesis Besar" karena cara yang dipakainya untuk menghubungkan iman dan pikiran, teologi dan filosofi (terutama yang berasal dari Aristoteles), dan mensistemasikan presentasi doktrin Kristiani. Dinamakan santo pelindung sekolah-sekolah dan pendidikan Katolik pada tahun 1880. Dipestakan tanggal 28 Januari.

Sumber : http://www.gerejakatolik.net/info/33doktor.htm

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP